• Rabu, 18 September 2013

    SmartRod: Alat Pancing dilengkapi Teknologi Tercanggih



          Di era digital dan serba canggih ini segala benda sudah disulap dengan teknologi mumpuni, termasuk diantaranya adalah alat pancing. Sebuah alat pancing baru bernama SmartRod telah diperkenalkan kepada khalayak ramai di sebuah situs Indiegogo.com. Lalu seberapa canggih kah alat pancing ini? Dan benarkah sangat efektif dalam menangkap ikan? Tentu saja, dengan SmartRod Anda dapat memancing dengan mudah dan pastinya hasil tangkapannya relatif banyak sesuai dengan habitat ikan . Dengan alat pancing pintar ini bernama penggunanya hanya perlu cukup duduk diam di pinggir kolam atau sungai dan menunggu alarm khusus pada SmartRod yang dipasang dibagian joran. Alarm akan berbunyi untuk menandakan adanya ikan yang terkait pada ujung kail. Namun untuk umpan, masih dapat tetap digunakan, karena hal ini berguna untuk memancing para ikan untuk mendekat.
    Alat pancing SmartRod ini menggunakan joran yang panjangnya sekitar 2 meter dan didukung dengan sensor akselerometer yang sangat sensitif. Saat ada seekor ikan yang tersangkut di ujung kail, maka sensor tersebut akan memberitahukan penggunanya melalui alarm yang berbunyi serta lampu menyala-padam seperti riting sehingga penggunanya dapat langsung menarik tali pancing dan ikan dapat segera ditangkap. Sensivitas sensornya dapat diatur sendiri, baik dalam mode low, medium dan High, karena mengingat kebutuhan pemakaian. Tampilan HML akan berkedip hijau setiap 12 detik untuk membritahu Anda mengenai ativitas dibawah air melalui batang aktif pada SmartRod.
    Untuk menyalakan sensivitas SmartRod cukup menekan tombol dan memilih mana opsi sensitivitas Anda inginkan seperti yang telah dijelaskan diatas. Sebagai contoh untuk teknologi yang dipilih pada opsi sensitivitas tinggi, Anda dapat mengetahui ikan meski hanya dengan sedikit sentuhan pada ujung SmartRod. Penggunaan mode pengaturan sensivitas Menengah dan Rendah direkomendasikan untuk situasi area pemancingan yang sedang dilanda angin besar, gelombang, hujan lebat. SmartRod akan kesulitan mendeteksi ikan yang mendekat jika Anda menggunakan sensivitas tinggi pada kondisi tersebut.
    Suara alarm otomatis pada SmartRod dapat berhenti saat penggunanya mulai menggulung reel pancing. Namun, apabila Anda nyaman dengan suara alarmnya ini, Anda dapat memilih mode silent. Beberapa pemancing memang merasa terganggu konsentrasinya saat memancing apabila ada suara-suara lain. Sebagai tambahan, karena alarm ditempatkan di dalam joran, Anda dapat menggunakan jenis reel apa saja, karena SmartRod dibuat agar kompabilitas dengan berbagai aksesoris lain.
    Teknologi digital pada perangkat atau barang elektronik lain umumnya sangat rawan dengan air, namun tidak dengan SmartRod. Jika Anda memancing dalam keadaan hujan tidak menjadi masalah, karena SmartRod didesain dengan bahan yang tahan air.
    SmartRod merupakan alat pancing pertama dunia dengan Joran yang sudah diprogram menggunakan Komputer Teknologi Accelerometer Controlled. Teknologi ini telah dilindungi dengan hak paten dan tersedia pula software utilitasnya. Untuk SmartRod original, desain serta perangkat lunak dan merek dagang mendapat hak cipta. Beberapa kritikus berpendapat bahwa teknologi pole yang bekerja pada SmartRod ini mirip dengan teknologi yang ada pada Nintendo Wii dan iPhone. SmartRod ini juga sangat pas untuk dipakai memancing ikan Europe Carp karena alarm dibuat ke batang tanpa perlu aksesori tambahan atau perangkat lain. Bahkan SmartRod juga bekerja dengan baik untuk pemancing penyandang cacat. Pihak pengembangnya ingin agar orang-orang yang penglihatan dan pendengarannya terganggu dapat menikmati kegiatan memancing tanpa harus kerepotan akan kekurangan mereka.
    Karena merupakan alat pancing degan teknologi canggih pertama di dunia, SmartRod dibanderol dengan harga USD 55 hingga USD 70 sesuai dengan kelengkapan dan ukurannya. Untuk SmartRod termurah tersedia berbagai perlengkapan seperti stainless steel guides , aluminum oxide inserts, Baterai Lithium 2 CR2032 dan Piece medium action. Sedangkan untuk SmartRod termahal, didukung berbagai perlengkapan seperti Spinning Rell dengan desain ball bearing, convertible retrieve kanan/kiri, spooled dengan Red 15 lb test line, Spinning Rod, dan Baterai Lithium 2 CR2032.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar